Sabtu, 03 November 2012

Dampak Proyek Pembangunan Arsitektur yang Tidak Terpakai (The UFO Sanzhi House, Taiwan)


Proyek pembangunan dewasa ini semakin menarik banyak pehatian. Seluruh negara seolah berlomba lomba untuk membuat sebuah bangunan yang unik dan menonjolkan estetik yang luar biasa. Namun disamping itu banyak pula proyek pembangunan seperti ini yang gagal misalnya saja The Ufo Sanzhi House di Taiwan.




The UFO Sanzhi House juga dikenal sebagai Sanzhi pod house atau Sanzhi Pod CIty, adalah satu set bangunan berbentuk pod yang ditinggalkan begitu saja di Kabupaten Sanzhi,  Taiwan. Bangunan mirip rumah . Rumah-rumah UFO ini di bangun mulai tahun 1978. Rumah UFO ini dibangun sebagai sebuah resor liburan di bagian pantai utara yang berdekatan dengan Tamsui, dan diperjualkan untuk perwira militer AS yang berasal dari Timor-Asia.

Namun., sayangnya proyek ini ditinggalkan pada tahun 1980 karena kerugian investasi dan kematian akibat kecelakaan beberapa mobil selama konstruksi. Selama proyek pembangunan ini sangat banyak terjadi kecelakaan konstruksi yang memakan korban jiwa dari karyawan proyek ini. Ada yang mengatakan kematian yang terjadi itu disebabkan oleh tindakan unfortuitous dari membagi dua patung naga Cina yang terletak di dekat gerbang resor untuk pelebaran jalan menuju bangunan. cerita lain menunjukkan bahwa lokasi itu tanah pemakaman mantan tentara Belanda. Namun diyakini bahwa proyek ini dihentikan karena kerugian investasi.

Pod house ini dijadwalkan akan dihancurkan pada akhir 2008. Pada 2010, semua rumah UFO telah dibongkar dan lokasi ini dalam proses diubah menjadi sebuah resor pantai komersial dan taman air

Dari studi kasus di atas dapat kita simpulkan bahwa proyek pembangunan unik seperti ini masih banyak yang tidak memperhatikan kesanggupan biaya sehingga pada akhirnya proyek pembangunan menjadi tersendat karena tidak adanya biaya. Dampak dari proyek pembangunan seperti ini mengakibatkan bangunan tersebut terbengkalai dan terlupakan padahal apabila kita lihat bangunan tersebut memiliki struktur yang sangat unik dan tidak biasa. Apabila proyek ini berhasil tentu saja bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Maka dari itu perhitungan biaya sangat penting sebelum melakukan sebuah proyek besar-besaran seperti ini sehingga pada akhirnya proyek ini bisa berjalan dengan baik dan tidak menjadi sebuah bangunan kosong yang terabaikan.

sumber : http://badcontrol.com/crazy-stuff/abandoned-sanzhi-ufo-houses/
http://www.travelandleisure.com/articles/the-worlds-ugliest-buildings/11
http://www.glamvalley.com/weird-and-unusual-architectural-creation-the-ufo-house-in-sanjhih-taiwan/
http://en.wikipedia.org/wiki/Sanzhi_UFO_houses


Tidak ada komentar:

Posting Komentar